Pengertian Pemasaran Langsung

Pengertian Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung bisa dinamakan pengiriman pos langsung, pengiriman pesanan melalui pos, dan tanggapan langsung. Semuanya termasuk kategori pemasaran langsung karena semuanya melibatkan “aktivitas total di many penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli”, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos, atau kunjungan pribadi dari calon pelanggan.

Inovasi yang Mempercepat Pertumbuhan Pemasaran Langsung

Pertumbuhan pemasaran langsung telah dipercepat dengan sejumlah inovasi penting. Kartu kredit misalnya mempercepat transaksi pesanan melalui pos, bisa menghindari pembayaran kontan. Perkembangan komputer memungkinkan penyimpanan sejumlah besar data, misalnya mengenai pembayaran, daftar barang dan lain-lain. Pertumbuhan media surat kabar dan siaran televisi serta radio juga membantu mempercepat pertumbuhan teknik pemasaran langsung.

Ketika faktor demografi seperti peningkatan pendidikan, pendapatan, dan gaya hidup berubah, semakin banyak dikembangkan kenyamanan dan efisiensi dari pemasaran langsung. Konsumen bisa menggunakan telepon atau pos untuk membeli kebutuhan rumah tangga hingga barang-barang mewah.

Keuntungan Pemasaran Langsung

Keuntungan utama dari pemasaran langsung adalah kemudahan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung tanpa ijin usaha yang rumit dan persyaratan ketrampilan dan pendidikan yang perlu. Di samping kemudahan untuk masuk dalam usaha, kebutuhan modal yang diperlukan untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung juga minimal. Tidak diperlukan fasilitas besar, toko atau jumlah karyawan yang besar untuk masuk dalam usaha pemasaran langsung.

Apa yang ini?  Pengertian Struktur Pengendalian Intern

Modal yang diperlukan biasanya digunakan untuk pencetakan pengeposan dan daftar-daftar lainnya. Semuanya ini bisa dilakukan sebagai usaha paruh waktu hingga usaha ini mendatangkan aliran kas yang bisa mendukung usaha penuh. Hal ini berbeda dengan usaha Baru lainnya yang membutuhkan kerja keras dan perhatian penuh dari wiraswastawan.

Usaha pemasaraan langsung juga memungkinkan wiraswastawan untuk masuk ke pasar dengan cepat. Produk dan jasa bisa diuji untuk menentukan minat pelanggan dengan biaya minimum. Jika produk atau jasa tertentu berhasil, penawaran bisa dengan mudah diperluas untuk memenuhi permintaan potensial terhadap produk tertentu tersebut.Pengertian Pemasaran Langsung

Demikianlah Pengertian Pemasaran Langsung  dan Keuntungan Pemasaran Langsung, semoga bermanfaat