Belajar Psikologi

Manfaat Activity Based Costing systems

0

Manfaat Activity Based Costing systems

Activity Based Costing systems memperbaiki keakuratan perhitungan biaya produk dengan mengakui bahwa banyak dari biaya overhead tetap, ternyata bervariasi secara proporsional dengan perubahan selain volume produksi. Dengan memahami apa yang menyebabkan biaya-biaya tersebut meningkat atau menurun, biaya tersebut dapat ditelusuri ke masing-masing produk.

Hubungan sebab akibat ini memungkinkan manajer untuk memperbaiki ketepatan perhitungan biaya produk, yang dapat secara signifikan memperbaiki pengambilan keputusan. Selain itu, kelompok biaya overhead tetap yang besar tersebut tidak lagi begitu misterius. Mengetahui perilaku biaya-biaya tersebut akan memungkinkan manajer untuk menggunakan lebih banyak pengendalian atas berbagai aktivitas yang menimbulkan biaya-biaya tersebut.

Beberapa manfaat Activity Based Costing systems

Menurut Cooper dan Kaplan (1991:276), terdapat tiga manfaat Activity Based Costing systems bagi manajemen perusahaan, yaitu:

  1. Improved Decision, perhitungan biaya produk dengan menggunakan Activity Based Costing systems menghasilkan informasi yang lebih akurat, sehingga manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan dengan tepat karena terhindar dari distorsi yang terjadi pada perhitungan biaya produk menggunakan sistem tradisional.
  2. Continuous Improvement Activities to Reduce Overhead Costs, dalam penerapan Activity Based Costing systems penghematan biaya secara signifikan dapat dilakukan dengan cara penanganan bahanbaku secara lebih efisien tanpa harus menurunkan harga beli bahanbaku, mengurangi biaya set up dan membuat penjadwalan produksi. Dengan disertai perbaikan aktivitas secara terus menerus dan penggunaan informasi yang lebih akurat maka seharusnya penghematan biaya tersbut dapat tercapai.
  3. Ease of Determining Relevant Cost, Activity Based Costing systems mengurangi kebutuhan untuk melaksanakan pembelajaran khusus mengenai analisa yang lebih mendalam untuk mendapatkan informasi yang relevan dalam rangka keputusan tertentu dengan meningkatkan akurasi dari laporan biaya produk dan menghasilkan biaya secara terpisah dari keempat kategori aktivitas.

Agar manfaat-manfaat Activity Based Costing systems diatas didapat dengan optimal, Cooper, Robin, dan Kaplan (1991:372) mensyaratkan tiga hal yang harus dipenuhi, yaitu:

1.   Diversitas produk oleh perusahaan termasuk tinggi

Bahwa produk memproduksi berbagai macam jenis atau lini produk yang diproses dengan menggunakan beberapa fasilitas manufaktur yang sama, sehingga akan timbul masalah dalam mengalokasikan sumber daya yang dikonsumsi oleh masing-masing produk.

2.   Perusahaan menghadapi persaingan yang ketat

Bahwa terdapat beberapa perusahaan yang memproduksi produk sejenis, sehingga dalam keadaan persaingan memperbesar pangsa pasar ini informasi tentang harga pokok produk yang akurat akan mendukung berbagai macam pengambilan keputusan manajemen.

3.   Biaya pengukuran dapat dikatakan rendah

Bahwa biaya-biaya pengukuran yang digunakan untuk menghasilkan informasi biaya produk tersebut haruslah lebih rendah dibandingkan dengan manfaat yang akan diperoleh dimasa yang akan datang.Manfaat Activity Based Costing

Demikianlah Manfaat Activity Based Costing systems, semoga bermanfaat.

Manfaat Activity Based Costing systems
Written by: Haryanto, S.Pd Rating: 4.8
Mau tau sejauh mana kemampuan dan kecerdasan anda dalam bisnis? Ketahui bakat anda disini!


Artikel yang terkait dengan Manfaat Activity Based Costing systems :

Dapatkan update terbaru via Twitter @ilmuakuntansi, atau ikuti komunitasnya di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.